Kesaktian Rambut Arung Palakka

Advertisemen
Kesaktian Rambut Arung palakka - Arung Palakka salah satunya raja Bone yang tidak pernah duduk di singgasana. Ia sosok lelaki batu semberani yang lahir dari rahim suci bunda dengan rambut penuh misteri. Berikut lembaran sejarah perjuangannya.
Setelah La Maddaremmeng Matinroe ri Bukaka meninggal dunia, maka digantikanlah oleh kemanakannya yang bernama La Tenritatta Arung Palakka Malampee Gemme’na Petta To Risompae.
La Tenritatta adalah anak dari We Tenrisui Datu Mario Riwawo dengan suaminya yang bernama La Pottobune Arung Tanatengnga Datu Lompulle. Ibu dari We Tenrisui adalah We Baji atau We Dangke Lebae ri Mario Riwawo dengan suaminya La Tenriruwa Arung Palakka Matinroe ri Bantaeng.
La Tenri Ruwalah yang mula-mula menerima agama Islam dari Karaenge ri Gowa. Karena pada waktu itu orang Bone menolak agama Islam, maka La Tenriruwa pergi ke Bantaeng dan di sanalah ia meninggal dunia sehingga dinamakan Matinroe ri Bantaeng.

Ketika La Tenritatta baru berusia 11 tahun, Bone di bawah kepemimpinan La Tenriruwa, Bone diserang dan dikalahkan oleh Gowa. Orang tuanya La Pottobune ditangkap dan ditawan bersama La Tenriruwa serta beberapa anak bangsawan Bone lainnya oleh Karaenge ri Gowa. Dalam peristiwa yang disebut Beta ri Pasempe ( Kekalahan di Pasempe ).
Pasempe adalah sebuah kampung kecil yang dipilih oleh La Tenriruwa untuk melakukan perlawanan dan di sanalah dia dikalahkan. Semua tawanan Gowa termasuk orang tua La Tenritatta dibawa ke Gowa.

Advertisemen

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.
Blog Terkait
Disqus Comments